Bagaimana mengetahui bos kurang baik dalam wawancara?

21 Apr 2021

Memiliki hubungan kerja yang baik dengan atasan anda berarti anda belajar lebih banyak, lebih tertantang, dan pergi setiap hari dengan perasaan sejahtera dan berprestasi. Jadi, saat anda mempertimbangkan pekerjaan baru, penting untuk mengetahui bagaimana anda akan cocok dengan bos baru anda.

Untuk menilai apakah calon bos baru anda adalah orang yang hebat atau buruk, anda perlu mengajukan beberapa pertanyaan, dan dengan cermat mengevaluasi jawabannya, selama wawancara kerja anda. Tetapi anda tidak akan mengajukan pertanyaan yang tidak orisinal dan dangkal seperti "beri tahu saya tentang budaya perusahaan ..." karena itu adalah cara yang pasti untuk mendengarkan omong kosong yang tidak akan mengungkapkan apa pun tentang calon bos baru anda. Sebaliknya, anda akan menyelidiki lebih dalam, meskipun dengan cara yang lembut dan tidak mengancam.

Wawancara adalah waktu yang tepat untuk menilai apakah gaya manajemen calon bos akan cocok untuk anda. Inilah yang harus diperhatikan.

  1. Mereka terlambat atau teralihkan.

    Bahkan atasan tersibuk pun harus menciptakan kesan yang baik selama wawancara, dan memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin untuk memastikan anda cocok untuk pekerjaan itu. Sangat penting saat menerima peran baru untuk memiliki kepercayaan pada atasan Anda.

    Jika dia terlambat, dia harus menawarkan permintaan maaf dan alasan yang masuk akal. Jika dia tidak menawarkan alasan, dia mungkin menunjukkan warna aslinya - tidak pertimbangan dan tidak sopan.

    Perhatikan tindakannya. Perhatikan apakah dia menjawab teleponnya, SMS, sepertinya sedang memeriksa email atau berita di komputer atau sebaliknya tidak memfokuskan perhatian penuhnya pada anda. Jika dia melakukan salah satu dari hal-hal ini, itu merupakan indikasi yang baik bahwa dia juga akan melakukan ini jika anda adalah karyawannya dan perlu berbicara dengannya tentang suatu masalah.

  2. Mereka tidak jelas tentang detailnya.

    Seorang pemimpin yang baik harus mampu berbicara dengan percaya diri tentang peran dan perusahaan. Jika anda berada dalam wawancara dengan seseorang yang sangat tidak jelas detailnya, atau tidak dapat menjawab pertanyaan anda tentang peran tersebut, mereka mungkin tidak dapat memberikan dukungan yang anda butuhkan untuk sukses.

    Siapkan satu atau dua pertanyaan tentang peran tersebut, seperti "apa yang anda inginkan dari peran tersebut dalam tiga bulan pertama?", untuk mendorong calon bos baru anda secara spesifik tentang apa yang diharapkan dari Anda.

  3. Mereka kurang memiliki visi tentang tujuan perusahaan.

    Jika penting bagi anda untuk bekerja dengan seorang pemimpin yang mengumpulkan tim untuk mencapai tujuan bersama, waspadalah terhadap calon bos yang tidak dapat mengartikulasikan tujuan utama yang akan anda kontribusikan untuk jangka panjang. Menanyakan tujuan apa yang ingin anda capai sebagai individu dan sebagai tim akan membantu memunculkan apakah atasan baru anda memiliki visi yang jelas tentang target inti perusahaan.

  4. Percaya dengan nalurimu

    Penting juga untuk memeriksa diri Anda sendiri selama proses berlangsung. Berfokus untuk mendapatkan pekerjaan terkadang dapat mengaburkan penilaian anda. Setelah beberapa langkah, tanyakan pada diri anda apakah ini pekerjaan yang anda inginkan dan manajer yang anda inginkan. Apakah anda mendapatkan perasaan yang baik dari orang tersebut? Apakah dia seseorang yang suka membawa masalah? Atau seseorang yang sulit diajak mengobrol? Saat taruhannya tinggi, lebih baik kita mempercayai diri sendiri. Amati bagaimana anda ditangani sebagai kandidat, dari kualitas informasi yang diberikan manajer kepada anda hingga cara dia melihat anda ketika anda. datang untuk wawancara.

Signup for our Newsletter