Blog

Atasan Anda Terlalu Keras & Bersikap Semena-mena? Ini Tips-nya!

29 Nov 2016

1. Pekerjaan adalah Yang Utama

Dimanapun dan apapun posisi anda dalam suatu perusahaan, pekerjaan sudah menjadi kewajiban yang harus anda utamakan. Karena untuk itulah anda digaji dan diberdayakan. Terlepas dari sikap atasan yang seringkali bersikap seenaknya kepada anda, pada dasarnya perusahaan tidak akan mau tahu mengenai hal tersebut. Justru jika anda tidak dapat melakukan pekerjaan anda dengan baik, besar kemungkinan anda akan menjadi pihak yang disalahkan bahkan bisa diberhentikan atau dipecat.

Tunjukkan pada perusahaan bukan kepada atasan, bahwa anda bisa berkontribusi lebih kepada perusahaan secara profesional.

 

2. "Follow The Rules"

Tetap ikuti aturan yang ada dalam perusahaan dan baca kembali apa yang tertulis dalam kontrak kerja anda ketika anda pertama kali bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan selalu bersikap benar dan sesuai aturan, maka tidak ada alasan bagi siapapun termasuk atasan anda untuk bersikap tidak baik atau seenaknya kepada anda.

 

3. Konsultasi dengan tim Personalia

Divisi HRD atau SDM adalah teman bagi semua pegawai di dalam perusahaan dan biasanya merekalah yang paling mengerti situasi dalam hubungan antar manusia di perusahaan tersebut.

Jika atasan anda masih bersikap semena-mena, konsultasikan hal tersebut dengan tim personalia dan mintalah saran terbaik dari mereka. Bahkan mungkin mereka bisa menjadi penengah dan berbicara langsung dengan atasan anda.

 

4. Serikat Pekerja

Anda dapat membawa isu ini ke serikat pekerja jika masalah dengan atasan anda masih terus berlanjut. Berdasarkan ketentuan umum pasal 1 Undang-undang Tenaga Kerja tahun 2003 no 17, serikat buruh/serikat pekerjamerupakan organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

 

5. Mencari Kerja di Tempat Lain

Ini merupakan opsi terakhir jika memang masalah dengan atasan sudah mengganggu kinerja anda dalam bekerja di perusahaan. Berarti sudah saatnya bagi anda untuk melanjutkan karir di tempat lain.

Keputusan pindah bukan berarti anda kalah tapi anggaplah ini sebagai bentuk petualangan baru demi mendapatkan karir yang terbaik dan jadikan ini sebuah pembelajaran jika kelak anda menjadi seorang pemimpin jangan pernah perlakukan bawahan anda dengan semena-mena.

 


Temukan karir impianmu di Job.id