Blog

3 Hal Penting yang Membuat HRD Mau Menerima Anda Bekerja

27 Jul 2016

Berikut ini adalah 3 hal utama yang menjadi pertimbangan bagi para Human Resource (HR) untuk bisa menerima seseorang bekerja di sebuah perusahaan:

1. Karakter.

Setiap HR pasti berusaha untuk menggali sebanyak mungkin sisi karakter dari setiap kandidat yang diwawancarai. Karakter menjadi pertimbangan yang paling penting dalam semua proses perekrutan. Seseorang bisa menorehkan berbagai macam prestasi namun pada akhirnya karakter-lah yang menentukan cocok atau tidaknya si kandidat bekerja di sebuah perusahaan.

Hal mengenai karakter bisa terlihat dari perbincangan mengenai hobi, tempat liburan favorit, gestur tubuh si kandidat selama wawancara berlangsung, dll. 

Adalah penting bagi setiap HR untuk merekrut orang yang jujur dan apa adanya.

2. Sesuai Kompetensi.

Kadangkala ada kandidat yang sangat potentisal namun kompetensinya tidak cocok dengan posisi yang ada. Seorang HR pasti tidak ingin memaksakan seorang kandidat untuk menempati posisi yang tidak sesuai dengan komptensinya karena cenderung bersifat coba-coba.

Dengan memastikan bahwa anda melamar pada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang / kemampuan anda akan memberi nilai tambah dalam setiap proses perekrutan.

3. Mengandalkan Intuisi

Seringkali seorang HR itu mengandalkan intuisi atau instingnya. Kadangkala ketika bertemu dengan seorang kandidat, para HR bisa merasakan suatu perasaan yang berbeda yang membuat mereka nyaman dan merasa cocok.

Hal terkait "insting" ini memang tidak bisa kita kendalikan karena murni bersifat "subjektif", namun setidaknya berusahalah untuk menjadi orang yang membuat para HR merasa nyaman dan tenang selama proses wawancara berlangsung.


Anda sudah siap untuk bekerja di perusahaan impian? Cari kerja di Job.id