Blog

Bagaimana Membantu Karyawan Anda Bekerja dari Ruma

12 May 2021

Bagaimana Membantu Karyawan Anda Bekerja dari Ruma

Tidak dapat dipungkiri, virus corona (COVID-19) telah mengubah lanskap bisnis secara drastis pada tahun 2020, dengan lebih banyak bisnis yang mendorong atau mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah. Sementara banyak karyawan sudah melakukan beberapa pekerjaan dari jarak jauh, banyak pekerja dan manajer masih mencoba menyesuaikan dengan perubahan paradigma ini.

Bekerja dari rumah berarti lebih banyak gangguan, lebih sedikit cara untuk berinteraksi secara alami dengan sesama karyawan, dan lebih banyak isolasi sosial yang semuanya dapat menurunkan produktivitas. Untuk mengatasi tantangan ini, harus mencari cara baru untuk mengelola dan berkolaborasi dengan karyawan dan memungkinkan lebih banyak cara bagi karyawan untuk terhubung satu sama lain.

  1. Tentukan tujuan

    Orang merasa terdorong ketika mereka memiliki tujuan dan tahu apa yang sedang mereka upayakan. Karyawan mungkin merasa berada di tempat kerja bersama yang sibuk membantu mereka merasakan tujuan saat bekerja bersama orang lain. Tetapi anda masih dapat membantu tim anda untuk merasa termotivasi dan memiliki tujuan saat bekerja dari jarak jauh. Jelajahi cara anda dapat mendorong dan memotivasi anggota tim individu, terhubung dalam kelompok untuk membicarakan tujuan tim, dan mengikat tugas atau proyek kembali ke tujuan yang dapat mereka rasakan.

  2. Berkomunikasi secara teratur dan sering-seringlah check in

    Tanpa atasan, manajer, atau kolega tepat di samping mereka, karyawan akan membutuhkan cara berbeda untuk mendapatkan feedback tentang pekerjaan atau kemajuan mereka. Bicaralah dengan mereka tentang cara terbaik untuk melakukan ini dan lakukan pemberian feedback secara rutin dan check-in.

    anda juga dapat mendorong mereka untuk menggunakan pandangan kritis mereka sendiri untuk menilai pekerjaan mereka, dengan kembali ke tugas dengan pandangan yang segar untuk ditinjau jika memungkinkan. Pastikan karyawan memiliki instruksi yang jelas dan rencana untuk proyek apa pun sejak awal juga dapat membantu mereka bekerja secara efektif.

  3. Lengkapi tim dengan teknologi yang tepat

    Pastikan karyawan anda dapat memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk mereka bekerja dari rumah. Ada banyak opsi di luar sana untuk panggilan video, pesan instan, dan manajemen proyek, jadi lihat apa yang dapat ditawarkan organisasi anda atau apa yang dapat anda akses.

    Tim anda mungkin mengalami masalah dalam teknologi saat bekerja dari rumah, jadi dorong mereka untuk membiasakan diri dengan teknologi dan program yang perlu mereka gunakan, dan bagikan panduan agar mereka dapat memecahkan masalah sederhana jika memungkinkan.

  4. Buat struktur dan sistem yang jelas

    Melacak tugas/proyek individu dan tim mungkin memerlukan sedikit penyesuaian saat tim anda bekerja dari jarak jauh. Mungkin anda memiliki papan proyek atau cara fisik lain untuk melakukan ini di tempat kerja, tetapi sekarang perlu menemukan format baru.

    Untuk pekerjaan yang melibatkan banyak anggota tim, aplikasi manajemen proyek atau sistem online seperti Trello bisa sangat membantu. Memastikan dokumen digital bersama tertata dengan baik, aman, dan mudah diakses juga akan membantu karyawan bekerja lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih efektif.

    Secara individu, mungkin ada kebutuhan yang lebih besar bagi karyawan untuk mengatur waktu dan prioritas mereka sendiri, jadi check-in secara rutin untuk membantu mereka untuk fokus pada hal yang paling penting.

    Mendorong koneksi

    Bagi karyawan, bekerja dari rumah dapat terasa sangat berbeda dengan lingkungan tim di tempat kerja yang sibuk di mana mereka dapat menyampaikan ide dari kolega atau bahkan sekadar mengobrol.

    Koneksi itu penting, jadi lihat metode apa yang tersedia untuk membantu karyawan jarak jauh tetap berhubungan. Dapatkah anda mengatur panggilan telepon atau video meeting biasa? Bisakah anda membuat obrolan tim menggunakan alat perpesanan instan atau platform lain? Temukan cara untuk membantu karyawan yang bekerja dari rumah berbagi kemenangan, mengatasi masalah, memerangi kebosanan atau kesepian, dan berkolaborasi.

Pada akhirnya, bekerja dari rumah membutuhkan beberapa penyesuaian untuk anda dan karyawan. Tetapi dengan berfokus pada lima area ini, anda dapat membantu tim anda tetap positif dan produktif serta memaksimalkan kerja jarak jauh.

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru