Blog

Lebih dari 40% HRD & Perekrut Menilai Kandidat berdasarkan Foto sebelum Memanggil Interview

17 Oct 2016

Tahukah anda bahwa gambar berbicara seribu bahasa? Demikian juga dengan foto dalam CV atau resume anda, ternyata foto punya peran besar untuk menentukan apakah anda akan mendapatkan suatu pekerjaan atau tidak.

Sebuah perusahaan software untuk proses rekrutmen, Jobvite, baru saja merilis sebuah hasil survey yang menyatakan bahwa lebih dari 40% tim HRD atau Perekrut memiliki kesan pertama setelah melihat foto dari pelamar kerja. Walaupun mereka tidak terlalu perduli dengan akun sosial media anda atau foto-foto apa saja yang muncul di akun sosial anda, namun penting untuk melampirkan foto yang terbaik pada setiap job application.

Lantas, seperti apakah foto yang baik? Foto yang baik adalah foto yang benar-benar menunjukkan bahwa anda adalah seorang yang profesional, punya karakter dan memiliki etika. Jadi hindari menggunakan foto dengan pakaian bebas, urakan atau seenaknya.

Sekarang memang jamannya banyak startup yang cukup bebas dalam menentukan outfit karyawannya, namun bukan berarti pakaian bebas adalah hal yang bisa diterima oleh banyak pihak terutama orang yang akan mewancarai anda. Pastikan dalam foto tersebut anda berdandan rapi, santun dan melihat tegak ke depan.

Hasil survey dari Jobvite juga mengejutkan, bahwa lebih dari 60% tim HRD atau Perekrut merasa terpengaruh dengan pakaian dari seseorang ketika bertemu untuk interview. Hal ini berarti jika anda berpakaian sembarangan maka sudah pasti anda tidak akan diterima namun jika anda berpakaian rapi dan sopan maka anda telah memberi kesan positif bagi mereka yang akan mewawancarai anda.


Cari karawan terbaik untuk perusahaan, bisnis dan startup hanya di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru