Blog

Persiapan yang Diperlukan Untuk Meminta Kenaikan Gaji

6 Jun 2020

Persiapan yang Diperlukan Untuk Meminta Kenaikan Gaji

Meminta kenaikan gaji pada atasan sering kali membuat Anda merasa gugup. Hal ini wajar karena Anda khawatir akan ditolak ataupun dipandang negatif oleh atasan. Namun Anda harus sadar bahwa kenaikan gaji adalah hak Anda dan untuk kebaikan karir pula. Sehingga Anda hanya perlu persiapkan beberapa hal agar tidak lagi gugup saat mengajukan kenaikan gaji pada atasan.

Berikut ini adalah persiapan yang bisa kamu coba untuk meminta kenaikan gaji berdasarkan saran Joyce E. Russel seorang Career Coach dalam sebuah artikel di Washington Post. 

1. Siapkan mental

Bernegosiasi dengan atasan perihal kenaikan gaji memang akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Karena rasa tidak nyaman ini akhirnya banyak karyawan yang tidak bisa menjelaskan dengan baik mengapa mereka membutuhkan atau pantas mendapat kenaikan gaji. Itu sebabnya, Anda perlu untuk menyiapkan mental bahwa Anda memang berhak gaji yang layak. 

Untuk memperkuat mental dan mengurangi rasa gugup, Anda bisa berlatih terlebih dahulu dengan orang terdekat. Ajak dia berperan dengan karakter seperti atasan Anda. 

Selain itu mental yang perlu Anda bangun adalah bahwa Anda yakin Anda adalah karyawan yang berprestasi dan pantas untuk mendapat apresiasi lebih. Dengan begitu Anda akan bisa lebih santai dan positif saat masa negosiasi berlangsung.

Bagaimana agar yakin? Siapkan bukti-bukti.

2. Siapkan argumentasi dan bukti

Hal kedua yang Anda perlus siapkan adalah memberikan argumentasi yang tepat bahwa Anda memang membutuhkan kenaikan gaji. Dengan memiliki argumentasi yang pas Anda akan dipandang layak untuk mendapat kenaikan gaji.

Anda perlu ketahui bahwa menaikkan gaji oleh perusahaan atau atasan pertimbangan utamanya selalu tentang kepantasan. Apakah dengan menaikkan gaji Anda bisa memberikan kontribusi lebih pada perusahaan. Sehingga Anda harus bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik. 

Beberapa hal yang bisa Anda gunakan adalah seperti bukti pencapaian, beban kerja, prestasi, kondisi perusahaan atau bahkan peraturan ketenagakerjaan. Anda bisa gunakan data-data tersebut untuk meyakinkan atasan bahwa Anda memang pantas untuk diapresiasi lebih. Atau sekadar mendapat jaminan dari perusahaan bahwa Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Argumentasi yang tepat akan bisa menjaga mental Anda agar tidak mudah goyah ketika atasan mempertanyakan alasan Anda meminta kenaikan gaji. 

3. Temui atasan secara privat

Selanjutnya adalah tentang bagaimana menemui atasan. Persoalan permohonan kenaikan gaji adalah persoalan yang cukup pribadi sehingga Anda perlu untuk membicarakannya dengan atasan secara terbatas. Jangan membahasnya secara terbuka dengan karyawan lain karena bisa memicu rasa iri jika karyawan lain memiliki gaji yang berbeda. 

Menemui secara privat juga bisa mengurangi rasa gugup Anda agar tidak dihakimi oleh pihak lain yang tidak berkepentingan. Sehingga Anda bisa tetap tenang selama berbicara dengan atasan. 

Tiga persiapan di atas adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk meminta kenaikan gaji pada atasan. Dengan persiapan ini, Anda tidak lagi perlu untuk merasa gugup dan tidak nyaman.  

Ingat kenaikan gaji adalah hak Anda sebagai karyawan. Sehingga bersikaplah tenang dan jaga mental agar tetap positif apapun hasil yang Anda terima. 

Selamat mencoba ya. 

Signup for our Newsletter