Blog

4 Tips Agar Lolos Dalam Tahap Psikotes

26 May 2017

Psikotes merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh Psikolog (profesional) atas permintaan klien (perusahaan) untuk memberikan gambaran utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan klien tersebut. Psikotes ini berfungsi untuk mengukur standar dari perusahaan dalam mencari calon pekerja.

Berikut adalah 4 tips agar anda bisa melewati tahap psikotes dalam sebuah wawancara kerja, yaitu:

1. Berhenti "Berlatih" Soal Psikotes dan Mulai Mempersiapkan Diri Dengan Baik

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghadapi psikotes harus sering latihan mengerjakan soal-soalnya. Apalagi banyak sekali buku-buku soal psikotes yang bisa didapatpkan dengan harga murah. Hal itu itu bukan sesuatu yang salah namun kita harus mengerti bahwa psikotes adalah satu dari banyak tahapan wawancara kerja yang fungsinya untuk melihat apakah kepribadian dan karakter kita sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Bentuk psikotes bisa berbeda-beda dan kadangkala yang dilihat bukan masalah benar atau salah namun apakah anda jujur atau tidak. Sebaiknya fokuskan diri anda pada persiapan mental dan usahakan untuk memiliki mood yang baik dan tenang sehari sebelum psikotes.

2. IPK Tinggi Bukan Jaminan

Meskipun seseorang dengan IPK 3 bahkan seseorang yang memiliki prestasi akademik yang luar biasa belum tentu mampu menyelesaikan soal psikotes. Hal ini karena psikotes tidak hanya berisi tentang masalah akademik tetapi juga tentang kepribadian, minat, ketekunan dan sebagainya.

3. Jujur

Dalam mengerjakan psikotes diperlukan kejujuran, jika kamu tidak jujur pada awal pertanyaan maka kamu akan berbohong pada pertanyaan berikutnya. Jadi psikotes tidak hanya menuntut kebenaran, tetapi juga kejujuran.

Saat mengerjakan psikotes diperlukan jawaban yang konsisten. Jika pada awal kamu menjawab A maka seterusnya akan A.

4. Pergunakan Waktu Sebaik Mungkin

Pertanyaan psikotes sangat banyak dan beragam. Jenisnya pun banyak, sehingga saat mengerjakan kamu memerlukan stamina yang kuat agar kamu dapat menyelesaikan dengan baik. Jangan sampai kamu tidak dapat menyelesaikan pertanyaan psikotes karena kehabisan energi.

Ada beberapa orang yang langsung dapat mengerjakan psikotes ada juga yang tidak. Maka jangan ragu untuk belajar, saat ini banyak dijual buku tentang psikotes.


Belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian anda? Temukan pekerjaan impianmu di Job.id

Signup for our Newsletter