Blog

5 Kesalahan Dalam Membuat CV Yang Harus Anda Hindari

20 Apr 2017

Tahukah anda, jika lamaran anda tidak kunjung mendapat respon dari perusahaan, mungkin kesalahannya terletak pada CV anda? Sayang sekali bukan, belum interview tapi anda sudah ditolak duluan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mencurahkan perhatian penuh pada kualitas CV anda. Karena ini adalah impresi pertama yang akan dilihat oleh perusahaan sebelum memanggil anda untuk interview. Layaknya cinta pada pandangan pertama, anda harus bisa membuat CV yang sebagus dan semenarik mungkin.

Berikut adalah 5 kesalahan yang harus anda hindari dalam membuat sebuah CV yang baik:

1. Sesuaikan CV anda dengan lowongan kerja yang ingin anda lamar

Anda pasti sering mengirimkan 1 jenis CV untuk puluhan lowongan pekerjaan berbeda. Padahal setiap lowongan pekerjaan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sebaiknya ciptakan CV yang unik untuk setiap jenis lowongan pekerjaan.

2. Hindari Copy - Paste

Jangan sekalipun melakukan copy-paste dari internet atau CV milik orang lain. Karena pihak HRD sudah sering membaca ratusan CV setiap harinya dan mereka akan cepat mengetahui pencari kerja yang "malas" dan hanya melakukan copy-paste dalam membuat CVnya.

3. Kesalahan Penulisan dan Ejaan

CV adalah presentasi awal mengenai diri anda agar bisa diterima oleh perusahaan. Kesalahan ejaan atau penulisan sama saja dengan kesalahan ucapan saat anda sedang berbicara di depan umum. Pastikan semua tulisan sudah benar dan baku sesuai EYD Bahasa Indonesia.

4. Hindari terlalu banyak grafis atau gambar

CV yang penuh dengan gambar atau warna justru tidak akan menarik bagi perusahaan. Hal ini hanya akan mempersulit tim HRD untuk menilai CV anda dan membuat HRD menjadi tidak fokus pada kelebihan CV anda. Pastikan membuat CV yang simple namun tetap terlihat elegan.


Jika sudah siap dengan CV terbaik, temukan pekerjaan impian anda di Job.id

Signup for our Newsletter