Blog

Bekerja tanpa Passion sama dengan Hidup tanpa Jiwa

26 Jul 2016

Bekerja dengan Passion

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian passion atau antusiasme atau gairah adalah gelora semangat; minat besar terhadap sesuatu. Artinya mereka yang memiliki passion, adalah mereka yang memiliki minat dan keinginan yang luar biasa besar terhadap sesuatu.

Semangat atau minat yang besar inilah yang membuat seseorang memiliki kemampuan untuk bertahan jika terjadi masalah atau tantangan yang memaksa dia untuk berhenti mengejar sesuatu. Orang yang memiliki passion adalah orang yang tidak pernah menyerah.

Jika kita mengaitkan passion dalam dunia kerja seringkali banyak yang menganggap hal itu tidak relevan. Karena umumnya orang memilih kerja karena besarnya uang atau gaji bukan karena ia menyukai pekerjaan tersebut. Inilah yang sering menjadi masalah bagi kaum pekerja yang lupa akan tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya.

Ada banyak artikel yang sering menggarisbawahi bahwa tidak gampang mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Namun seringkali kita lupa bahwa passion itu sendiri adalah sebuah proses. Jika kita memang belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita maka jadikan itu batu loncatan untuk terus mencari dan mencari, hingga kita bisa berada di titik dimana kita merasa puas dan bahagia dengan pekerjaan kita.

Analoginya hampir sama dengan mencari jodoh. Apakah kita mau memiliki pasangan seumur hidup yang tidak kita cintai? Dan hal ini berlaku juga di dunia kerja. Anda hanya perlu terus memelihara passion itu dan tidak membiarkannya redup.

Teruslah berusaha untuk bersahabat dengan pekerjaan, ide, mimpi atau apapun yang anda kerjakan saat ini. Karena disaat kita belajar mencintai proses dalam pengejaran mimpi kita maka anda akan bisa melompat lebih tinggi dari yang anda bayangkan.

Tidak jarang kita dengar orang-orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Contohnya ada seorang lulusan Sarjana Ilmu Komputer namun memilih untuk bekerja di sebuah bank hanya karena itu pilihan yang ada. Lantas, apakah dia akan bahagia jika terus bekerja di bank? Tentu saja tidak, namun jika dia tetap melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya saat ini dan terus bermimpi untuk kelak bekerja di perusahaan software ternama maka dia sudah berada di jalur yang tepat.

Mungkin awalannya berbeda namun yang menentukan adalah hasil akhirnya. Sejauh anda memiliki passion maka anda akan mendapatkan 3 hal penting saat melakukan suatu pekerjaan yaitu gaji, kesuksesan dan kebahagiaan. Dan pada akhirnya yang terpenting adalah “Kebahagiaan”.


Mulailah mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion'mu di Job.id

Signup for our Newsletter