Blog

Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Pegawai Yang Berkualitas

25 Jun 2020

Cara Mendapatkan dan Mempertahankan Pegawai Yang Berkualitas

Sumber daya manusia adalah salah satu aset penting bagi perusahaan. Pegawai yang berkualitas dapat menunjang pertumbuhan perusahaan, mulai dari menjaga kualitas produk maupun jasa, pelayanan prima terhadap konsumen, hingga menaikkan pendapatan perusahaan. Hal inilah yang pasti Anda harapkan agar bisnis Anda terus berkembang.

Pegawai yang terbaik untuk perusahaan Anda adalah yang berkualitas sekaligus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kandidat seperti ini akan melihat beberapa hal dari perusahaan Anda, yaitu:

  • Lingkungan kerja yang positif, baik tempat kerja, beban kerja, pegawai, maupun budaya kerja dalam perusahaan.
  • Adanya jenjang karir dan program peningkatan kualitas pegawai.
  • Gaji yang layak dan fasilitas lainnya untuk menunjang kesejahteraan pegawai.

Cara Mendapatkan Pegawai Yang Berkualitas

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar para kandidat pegawai tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda.

  1. Memasang Iklan Pekerjaan Yang Sesuai

    Sertakan profil perusahaan agar kandidat memiliki gambaran jelas tentang perusahaan Anda, seperti visi-misi, jenjang karir, deskripsi pekerjaan dan kebutuhan perusahaan, dan juga keuntungan yang didapat dari bekerja perusahaan Anda. Profil yang tepat akan menarik kandidat yang tepat pula.

  2. Menyebarkan Iklan Lowongan Pekerjaan di Media

    Gunakan berbagai media sosial yang memiliki banyak pengguna, agar kandidat merasa lebih 'dekat' dengan perusahaan, dan memiliki opsi lebih untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Selain itu, pastikan Anda mengiklankan dengan semenarik mungkin dan sesuai dengan karakter perusahaan.

  3. Mengefektifkan Proses Perekrutan

    Dalam proses ini, kandidat pegawai dapat lebih mengenal dan menilai perusahaan Anda. Terlalu panjangnya proses dan terlalu lamanya pemberi kerja menghubungi kandidat, akan membuat mereka beralih ke perusahaan lain. Segeralah menghubungi mereka yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Cara Mempertahankan Pegawai Yang Berkualitas

Jika sudah mendapatkan pegawai yang terbaik, maka hal selanjutnya adalah mempertahankan mereka untuk terus bekerja di perusahaan Anda. Semakin lama mereka bekerja, semakin mereka 'fasih' dan dapat dipercaya, karena performa dan kinerja mereka di perusahaan sudah teruji.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar para pegawai memiliki komitmen jangka panjang bekerja di perusahaan Anda.

  1. Manajemen Kepemimpinan

    Pemimpin yang memiliki visi dan misi yang kuat, memahami kualitas dan potensi, tegas, berintegritas tinggi, serta mampu memotivasi pegawai dapat membuat pegawai merasa dipercaya dan dihargai.  

  2. Komunikasi dalam Perusahaan

    Komunikasi yang baik antara pimpinan dan pegawai, maupun antar pegawai memiliki pengaruh besar dalam kerjasama tim, dan juga suasana dalam kantor. Perlu ada pertemuan berkala dengan seluruh pimpinan dan pegawai, agar semua pegawai saling mengenal lebih baik. Selain itu, mereka juga akan merasa bahwa keberadaan mereka diakui.

  3. Pemberian Beban Kerja

    Beban kerja yang sesuai akan membuat pegawai dapat menerapkan kemampuan mereka. Bebaskan mereka dalam berkreasi untuk memaksimalkan potensi mereka. Beban kerja yang sesuai juga membuat mereka merasa punya andil besar dalam kepentingan perusahaan. Keterlibatan ini akan memunculkan perasaan memiliki dan membuat pegawai semakin berdedikasi terhadap perusahaan.

  4. Jenjang Karir

    Jenjang karir membuat pegawai termotivasi untuk memenuhi target kerja dari perusahaan, karena mereka tahu apa yang menjadi tujuan mereka dan apa yang akan mereka dapatkan. Pegawai juga ingin dapat mengembangkan keahlian mereka dengan adanya pelatihan tertentu, agar mereka dapat memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

  5. Gaji dan Keuntungan Lainnya

    Gaji dan keuntungan lainnya - seperti asuransi jiwa dan jaminan kesehatan - menjadi daya tarik utama pegawai untuk 'menetap'. Stabil secara finansial sangat penting untuk menunjang kesejahteraan hidup pegawai dan keluarga mereka. Jika hal ini terpenuhi, mereka dapat tetap fokus untuk terus berkontribusi di perusahaan Anda.

    Itulah cara untuk mendapatkan dan mempertahankan pegawai yang berkualitas di perusahaan Anda. Kesimpulannya, Anda tidak perlu ragu untuk menginvestasikan dana dan upaya lebih untuk pegawai Anda. Mereka telah menginvestasikan waktu dan pikiran mereka untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena itu, mereka layak untuk mendapat perhatian dan penghargaan dari Anda.

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru