Blog

Cara Meningkatkan Kualitas Waktu Dalam Bekerja

26 Apr 2017

Umumnya kita bekerja selama 8 jam dalam sehari, namun bisa juga kurang dan bisa juga lebih tergantung dari perusahaan tempat kita bekerja. Startup-startup yang baru berdiri rata-rata tidak memiliki jam kerja yang tetap namun lebih bersifat fleksibel dan bisa saja mengharuskan seseorang bekerja pada malam hari. Berbeda dengan perusahaan besar, biasanya sudah memiliki jam kerja yang tetap dan teratur.

Di balik perbedaan jam kerja tersebut ada satu masalah yang seringkali dihadapi para pekerja kantoran, quality time. Kualitas waktu disini maksudnya adalah dalam hal pekerjaan dan bagaimana agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan tepat sasaran.

Berikut ada beberapa tips agar anda dapat meningkatkan kualitas waktu kerja anda;

1. Biasakan untuk memulai hari dengan ‘check-list’

Setiap hari anda pasti memiliki tugas dan hal-hal yang harus diselesaikan. Buatlah semua itu dalam bentuk check-list atau daftar. Pastikan untuk membuat daftar itu dengan detil

 

2. Pastikan untuk membagi semua check-list pekerjaan dalam kurun waktu tertentu

Setelah membuat daftar hal yang harus anda lakukan hari ini, bagilah 8 jam waktu kerja anda ke dalam semua tugas-tugas tersebut. Setiap tugas memiliki waktu penyelesaian yang berbeda-beda

 

3. Utamakan yang paling besar/penting/urgent terlebih dahulu

Karena waktu anda terbatas, pastikan untuk mengutamakan semua tugas yang lebih besar atau lebih penting dahulu karena biasanya tgas-tugas yang kecil memiliki tingkat toleransi yang lebih tingg di mata atasan atau kolega.

 

4. Kurangi waktu istirahat

Bukan berarti anda tidak bisa makan siang, namun pastikan anda hanya makan siang dan setelah itu kembali bekerja. Kurangi waktu chit-chat atau bermain hal-hal yang tidak perlu.


Belum menemukan pekerjaan yang cocok dengan bidang anda? Temukan pekerjaan impian di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru