Blog

3 Hal Ini dialami oleh HRD & Perekrut ketika Menolak Seorang Kandidat

17 Oct 2016

Hal yang paling tidak disukai oleh para pencari kerja adalah ketika mereka menerima kabar dari tim HRD atau Perekrut suatu perusahaan, yang menyatakan bahwa mereka belum bisa diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Bahkan tidak sedikit yang merasa kecewa dan terpukul karena merasa sudah melewati semua proses dengan maksimal.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa tim HRD atau Perekrut juga manusia biasa yang memiliki perasaan dan empati terhadap sesamanya. Bukan hal yang mudah untuk memberitahukan kabar buruk kepada seseorang, karena mereka tahu bahwa mungkin ada kandidat di luar sana yang mempertaruhkan segalanya untuk mendapatkan pekerjaan ini.

Memang berada di posisi pekerja yang ditolak lebih tidak enak daripada tim perekrut yang menolak tapi bukan berarti hal itu menyenangkan. Jika boleh memilih, banyak tim perekrut yang tidak ingin menjadi sang "malaikat hitam" yang menyampaikan kabar buruk dan mungkin bisa merusak kebahagiaan seseorang.

Terlepas dari dilematisnya posisi seorang HRD atau Perekrut, berikut adalah 3 hal yang sering dirasakan ketika menyampaikan telepon atau email penolakan terhadap kandidat yang tidak sesuai:

1. Berharap untuk bisa menyampaikan kabar yang lebih baik

Sekali lagi HRD atau SDM atau tim Perekrut juga manusia yang pasti merasa tidak enak jika menyampaikan kabar yang tidak menyenangkan kepada seseorang. Setidaknya fakta ini dapat membuka mata kita bahwa sebenarnya bukan hanya pencari kerja yang pantas sedih atau kecewa tapi begitupun mereka.

2. Berharap bisa melakukan sesuatu untuk membantu

Seringkali terjadi ketika seorang HRD atau Perekrut merekomendasikan kandidat yang ditolak kepada rekannya di perusahaan lain. Walaupun tidak selalu terjadi, tapi jika anda adalah pencari kerja yang benar-benar bagus maka percayalah, tim HRD atau Perekrut yang menolak anda pun akan berusaha membantu mencarikan anda pekerjaan.

3. Pasti akan menghubungi kembali bila ada posisi lain yang tersedia di perusahaan 

Seorang HRD atau Perekrut pasti akan menyimpan database resume yang ada untuk kelak dipakai ketika ada lowongan lain yang terbuka. Dan biasanya mereka akan mengatakan kepada para kandidat yang ditolak untuk tetap berhubungan. Jika hal ini terjadi jangan pernah sepelekan kesempatan ini, kelak pencari kerja seperti anda bisa mendapatkan kesempatan yang tidak terduga di masa depan. Jadi tetaplah menjaga hubungan baik.


Ingin memasang iklan lowongan kerja dan mencari kandidat terbaik? Hanya Job.id yang memiliki ribuan kandidat dengan kualitas di atas rata-rata. Tunggu apalagi segera daftarkan perusahaan anda di Job.id