Blog

5 Cara Menjadi Pribadi yang Produktif dalam Pekerjaan

17 Sep 2016

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini seorang individu dituntut untuk mencapai hasil yang extraordinary atau lebih dari biasanya. Namun seringkali rentetan stimulus kegiatan seperti menerima email, alert dari media sosial, menjawab chat dari messenger, dsb bisa menggangu produktivitas anda.

Berikut ada 5 prinsip dasar yang bisa digunakan para profesional untuk mencapai produktivitas yang optimal:

1. Mendahulukan yang paling Utama

Konsep ini mungkin terdengar mudah namun sulit dalam pelaksanaannya. Mendahulukan yang penting sesuai peran kita dalam organisasi dan memperhitungkan konsekuensi serta dampak berkelanjutannya (riplle effect) merupakan ciri utama profesional yang produktif.

2. Lakukan sesuatu yang tidak biasa

Apakah anda sudah merasa puas dan nyaman dengan pencapaian saat ini? Mereka yang produktif akan selalu mengejar sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk mewujudkannya diperlukan perencanaan yang matang, dikalibrasi dengan values atau nilai-nilai yang diyakini.

3. Fokus pada Kegiatan-kegiatan yang Penting

Seringkali rapat atau meeting yang kurang relevan justru mengalahkan kegiatan-kegiatan lain yang lebih penting dan sudah direncanakan. Sedari awal kita harus sudah menentukan mana kegiatan yang sangat penting dan mana yang kurang penting. Sehingga membantu kita untuk lebih fokus.

4. Kendalikan Teknologi

Tuliskan apa saja kegiatan anda dalam sehari dan gunakan teknologi yang ada untuk mengatur daftar kontak, dokumen, jadwal meeting, kalender kegiatan dan koordianasi penyelesaian tugas. Kita harus menggunakan teknologi sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan bukan sebaliknya.

5. Menjaga kondisi fisik

Dengan semakin banyaknya aktivitas maka semakin berkurang pula kondisi fisik tubuh dan juga mental. Hal ini sangat penting dan perlu dijaga. Oleh karena itu pastikan kondisi fisik anda selalu prima dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, berolahraga dan beribadah secara konsisten.


Banyak pekerjaan terbaik yang menanti orang-orang produktif seperti anda, mulai cari di Job.id 

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru