Blog

5 Cara Mendapatkan Pegawai Terbaik

16 Aug 2016

Mendapatkan orang-orang terbaik untuk mengisi berbagai posisi dalam perusahaan Anda bukanlah perkara yang mudah. Seringkali proses tersebut membutuhkan waktu yang panjang dan bahkan melibatkan proses evaluasi yang berkesinambungan.

Berikut ada 5 tips yang dapat Anda gunakan untuk mencari calon pegawai terbaik dalam waktu singkat:

1. Rekomendasi dari Karyawan lama

Jika Anda telah memiliki karyawan lama yang selama ini telah bekerja dengan sangat baik, maka tidak ada salahnya untuk meminta rekomendasi calon pegawai baru dari mereka. Perusahaan besar seperti Groupon mendapatkan 40% pegawai baru hanya berdasarkan rekomendasi karyawan lama mereka.

2. Kecepatan adalah Kunci

Dengan menggunakan sistem otomatis seperti yang terdapat pada situs Job.id maka Anda seperti memiliki mitra internal yang membantu anda untuk melacak talenta terbaik dari berbagai kategori lengkap dengan video profil masing-masing kandidat.

3. Bersikaplah Objektif

Pada awalnya Anda harus bersikap objektif dalam menyeleksi pegawai namun setelah sampai ke tahap yang lebih jauh ada baiknya anda mulai bersikap subjektif dan menerima mereka yang memang Anda rasa bisa membawa kemajuan dalam perusahaan.

4. Belajar Berimprovisasi

Teknik perekrutan dengan pola lama masih dapat dipakai namun tidak ada salahnya anda menambahkan hal-hal baru dalam proses recruitment seperti proses interview via video, pertanyaan yang bersifat personal namun penuh humor, dan lain sebagainya.

5. Fokus pada Kebutuhan

Hal yang paling utama untuk mendapatkan pegawai terbaik adalah Relevansi dan Karakter. Sebuah tempat kerja atau perusahaan yang hebat belum tentu menjadi tempat yang tepat bagi seseorang. Namun sudah menjadi tugas perusahaan untuk memberikan atmosfit pendukung yang membuat seorang pegawai bisa naik lebih tinggi dan berhasil.


Anda masih mencari calon pegawai yang relevan dengan karakter yang hebat? Kami memiliki ribuan kandidat terbaik di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru