5 Tips Berkarir Sebagai Freelancer

16 May 2017

5 Tips Berkarir Sebagai Freelancer

Apakah anda memilih untuk menjadi freelance dibanding bekerja kantoran? Hal ini sah-sah saja karena tidak sedikit freelancer yang berhasil. Tidak ada salahnya anda mencoba 5 tips berikut ini:

1. Jaringan

Dalam bidang apa pun, jaringan sangat perlu diperhatikan terutama di industri yang amat kompetitif. Anda akan kesulitan jika tidak bisa memiliki atau memanfaatkan jaringan di dunia ini.

2. Kuasai bidang lain tapi tetap fokus

Langsung terjun di dunia freelance bukanlah hal mudah. Anda butuh pengalaman yang cukup banyak, termasuk di bidang lain. Misalnya, mengambil magang di profesi umum dan mengasah keterampilan tambahan seperti membuat web, merekam video, mengambil gambar sampai memanfaatkan sosial media.

3. Lakukan riset

Riset itu sangat penting dalam sebuah pekerjaan. Anda harus terus memperbaharui pengetahuan tentang dunia ini. Anda harus mengenal berbagai ahli dan spesialisasi mereka, perkembangan tren dan sebagainya. Perkaya ilmu Anda dengan sering berbincang-bincang dengan pakar di bidang yang anda geluti.

4. Perhatikan cara Anda berpakaian

Untuk menyelami dunia freelance, Anda harus memperhatikan cara berpakaian. Usahakan Anda tetap berpakaian senyaman mungkin tetapi tidak ketinggalan zaman. Selain itu, berikan sentuhan personal dalam gaya berpakaian Anda sehingga terlihat berbeda dari orang lain.

5. Blogging

Mulailah nge-blog! Cara ini bisa membantu mempromosikan keterampilan Anda melalui berbagai konten, foto maupun video. Jangan lupa untuk mempromosikannya di sosial media. Dimulai dari blog, Anda bisa mendapatkan jaringan dan pengalaman sambil tentu saja membangun portofolio yang menarik.


Temukan pekerjaan impianmu sekarang di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru