Blog

5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Bekerja di Luar Negeri

2 May 2017

Sebelum anda menerima tawaran untuk bekerja di luar negeri pastikan untuk mempersiapkan beberapa hal karena bekerja di luar negeri bukanlah perkara yang mudah. Namun ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan menyenangkan jika anda mampu menyiapkan 5 hal berikut ini:

1. Pilih Perusahaan yang mampu membantu dan membimbing anda di Negara yang baru

Perusahaan yang baik akan membantu anda dari nol hingga anda bisa settle di negara yang baru. Mulai dari pembuatan visa, pencarian tempat tinggal, kompensasi tambahan hingga pengiriman barang-barang anda. Pastikan anda mendapatkan semuanya ini sebelum menerima tawaran bekerja di luar negeri.

2. Pastikan anda mengerti mengenai status Visa anda

Status visa setiap pekerja berbeda-beda. Ada visa yang mengharuskan anda kembali jika dipecat atau ada juga jenis visa yang memungkinkan anda untuk mencari pekerjaan yang baru di Negara tersebut. Akan sangat berguna jika anda mempelajari mengenai hal ini dengan detil ke Kedutaan Besar yang bersangkutan.

3. Pelajari cara membuka rekening bank di Negara yang baru

Membuka rekening adalah hal yang sangat penting karena disinilah anda akan mengatur segala kegiatan finansial anda. Mulai dari gaji, ATM, tabungan, dll. Beberapa Negara memiliki aturan yang sulit untuk membuka rekening tabungan bagi warga asing. Oleh karena itu perlu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal ini.

4. Pelajari bahasa non baku selain bahasa nasional Negara yang baru

Mempelajari bahasa Inggris atau bahasa resmi di Negara bersangkutan merupakan hal yang wajib. Namun anda juga perlu mempelajari bahasa-bahasa slang atau non baku yang seringkali digunakan oleh masyarakat sehari-hari. Hal ini penting karena anda pasti akan sering berhadapan dengan individu atau komunitas yang menggunakan bahasa non baku dan akan sangat sulit untuk beradaptasi jika anda tidak mengerti maksud mereka sedikitpun.

5. Temukan rekan-rekan sebangsa yang ada di Negara tersebut

Hal yang paling penting adalah mencari kenalan atau komunitas sebangsa yang juga sedang bekerja di Negara tersebut. Ini akan membuat anda merasa tidak kesepian dan sekaligus menjadi ajang untuk meminta masukan atau saran mengenai cara hidup & bekerja di Negara tersebut.


Sudahkah anda menemukan pekerjaan yang anda impikan selama ini? Cek sekarang di Job.id

Signup for our Newsletter