Blog

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan untuk Pindah Kerja

23 Sep 2016

Apakah anda yakin, pindah kerja ke tempat lain adalah solusi yang terbaik untuk diri anda sekarang dan masa depan anda kelak? Banyak contoh kasus yang terjadi ketika seseorang pindah kerja ke tempat yang baru, karirnya justru semakin menurun dan ia tidak merasakan kebahagiaan seperti yang ia rasakan di tempat kerja sebelumnya.

Pindah kerja tidak melulu soal gaji tapi ada hal-hal penting lainnya yang mempengaruhi kinerja kita saat bekerja di sebuah perusahaan. Jika hal ini tidak dipertimbangkan dengan baik maka kinerja kita justru akan semakin menurun dan akhirnya kita malah dianggap tidak layak untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Berikut adalah 4 hal yang harus menjadi pertimbangan utama anda sebelum memutuskan untuk pindah ke perusahaan atau startup lain:

  1.  Pekerjaan yang sesuai Keahlian atau Latar Belakang Pendidikan

Pastikan bahwa pekerjaan di tempat yang baru sesuai dengan bidang atau keahlian anda. Lebih baik jika posisi tersebut adalah posisi yang memang anda sukai sehingga apapun tantangannya, karir anda akan semakin naik karena anda sudah siap dengan segala bentuk tantangan yang akan muncul.

  1. Pekerjaan Impian

Pastikan bahwa pekerjaan di tempat yang baru atau perusahaan tempat anda akan bekerja nanti adalah pekerjaan atau perusahaan yang memang anda impikan selama ini. Jika memang ya, maka tidak perlu menunda lebih lama lagi.

  1. Gaji

Gaji memang bukan hal yang paling mutlak namun cukup penting untuk menentukan apakah anda harus pindah kerja atau tidak? Perhatikan besar pengeluaran jika anda harus pindah ke tempat yang baru, apakah jaraknya semakin jauh atau anda harus pindah kost/apartemen? Dan yang paling penting usahakan agar gaji anda bisa lebih tinggi dari tempat anda bekerja sebelumnya.

  1. Keperluan yang Mendesak atau Genting

Kebutuhan atau keperluan yang mendesak bisa jadi pemicu seseorang untuk pindah pekerjaan. Baik itu alasannya agar bisa dekat dengan keluarga, karena orang tua sedang sakit, dan lainnya. Apapun itu, tetap prioritaskan kepentingan hidup anda dan orang-orang terdekat anda. Tidak ada artinya memiliki karir bagus tapi anda tidak bisa merawat ibu atau anak anda dengan baik.


Apakah anda sudah siap untuk pindah kerja? Kalau begitu cari pekerjaan impian anda di Job.id