Blog

Pentingnya "Knowledge Management" dalam Perusahaan

16 Aug 2016

Knowledge Management (KM) adalah sebuah sistem dimana setiap pengalaman atau data pekerjaan selalu dicatat, sehingga bisa diakses oleh setiap orang yang memerlukannya. Dengan cara ini ada perbaikan pada sistem dan membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efisien.

Menurut Alex Denni, Head of Dunamis Human Capital, para profesional yang sukses adalah orang yang belajar lebih cepat dari tuntutan pasar atau profesional lain. Proses belajar dan keinginan untuk melakukan kolaborasi pengetahuan dengan orang lain menjadi kunci sukses mereka. Proses belajar ini bisa didapat dengan memanfaatkan KM di perusahaan. Menurutnya, every work is a knowledge work and every worker is a knowledge worker.

Keberadaan KM adalah untuk memberi nilai tambah bagi perusahaan. Untuk itu seorang profesional akan menggunakan pengetahuan yang ada pada dirinya, orang lain dan berbagai sumber yang ada di organisasi.

Jika seorang profesional bisa tetap eksis di tengah perubahan yang ada dan tetap melakukan kolaborasi dengan semua anggota tim maka ia akan menciptakan sebuah nilai tambah bagi perusahaan yang sekaligus akan menunjang karirnya. Seorang individu dapat memanfaatkan KM dengan melibatkan dirinya ke dalam inisiatif yang menunjang penciptaan nilai, baik bagi diri sendiri maupun unit, atau organisasi secara keseluruhan. Misalnya, seorang karyawan customer service menghadiri pertemuan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Disana ia akan belajar beberapa cara yang bisa diimplementasikan dalam pekerjaannya sehari-hari.


Anda sudah siap untuk membangun karir yang lebih mapan? Mari maju bersama Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru