Blog

3 Teknik Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

1 May 2017

Anda baru lulus kuliah dan sudah mendapat tawaran kerja? Jangan terburu-buru, pastikan anda memiliki bekal sebelum melakukan interview terutama mengenai gaji karena hal ini cukup penting untuk menjaga kesinambungan anda di perusahaan yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda ingat:

 

1. Lakukan riset terlebih dahulu melalui rekan atau informasi online

Cobalah berdiskusi dengan teman-teman kampus terdahulu, dengan dosen, saudara, paman atau siapapun yang sudah memiliki pengalaman kerja. Biasanya anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai gaji dan berapa nilai gaji yang terbaik dari posisi yang sedang ditawarkan kepada anda.

 

2. Jangan pernah menyebutkan angka sebelum perusahaan menyebutkannya

Seringkali seorang fresh graduate menerima pertanyaan seperti di bawah ini;

  • Berapa gaji yang kamu harapkan? 
  • Saya harus tahu berapa gaji yang kamu minta, supaya bisa memberimu penawaran. Bisakah kamu memberikan rentang gaji? 

Tapi pastikan agar kamu bisa menahan diri dan tidak menyebutkan angka berapapun. Karena kita tidak akan pernah tahu berapa perusahaan berani membayar anda. Jika anda menyebutkan angka yang terlalu rendah maka perusahaan pasti langsung menyetujuinya dan anda akan menyesal.

 

3. Kalkulasikan dengan tunjangan atau fasilitas perusahaan lainnya

Biasanya gaji diikuti dengan tunjangan lain seperti tunjangan uang makan, pulsa, transport dan fasilitas lainnya. Pastikan anda mengkalkulasikan semuanya untuk mendapatkan tawaran yang terbaik.


Kini saatnya menemukan pekerjaan dengan gaji yang terbaik di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru