Blog

3 Hal Yang Paling Dibenci Bawahan

27 Apr 2017

Apakah anda seorang atasan atau duduk di jabatan manajerial? Jika ya, anda pasti sering kali menerima berbagai macam keluhan dari berbagai macam karakter bawahan. Walaupun anda sudah bersikap bijaksana dan benar dalam mengambil keputusan seringkali anda justru semakin dimusuhi oleh bawahan anda.

Apa sebenarnya yang sedang terjadi?

Berikut ada beberapa alasan utama yang kadang tidak disadari dapat menyebabkan bawahan merasa benci atau tidak senang dengan atasannya;

1. Atasan bersikap pilih kasih atau tebang pilih

Seringkali tanpa disadari kita sering memberi perlakuan istimewa pada bawahan yang paling kita sukai. Karena kita merasa bahwa mereka bisa mengerti apa yang kita inginkan. Padalah tugas anda bukan membawahi satu-dua orang saja melainkan membawahi semua orang yang menjadi tanggung jawab anda. Perlakukanlah semuanya sama.

 

2. Atasan merasa paling benar

Tanpa disadari kita sebagai atasan paling tidak suka dibantah, dianggap tidak tahu apa-apa apalagi jika diberi masukan, seakan-akan bawahan lebih pintar dari kita. Hal seperti ini perlu diubah. Atasan justru harus lebih sering melakukan brainstorming dengan bawahan agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Tidak boleh egois.

 

3. Atasan jarang berbicara dengan bawahan

Sebagai atasan kita tidak boleh pelit bicara. Jangan karena merasa posisi kita di atas maka kita merasa tidak boleh banyak bicara. Justru anda harus bisa mengerti dan mengetahui keadaan setiap bawahan anda agar kinerja mereka bisa maksimal. Komunikasi adalah kuncinya.


Temukan ribuan pekerjaan terbaik sesuai karakter anda di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru