Blog

5 Tips Mempersiapkan Presentasi untuk Meraih Sukses

16 Aug 2016

Presentasi bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas, membujuk atau meyakinkan audiens. Untuk mengatakan bahwa sebuah presentasi itu berhasil dapat digunakan beberapa indikator berikut:

a. Tujuan awal presentasi telah tercapai

b. Mendapatkan atensi dari audiens sepanjang waktu

c. Dapat berinteraksi dengan audiens

Menilik dari indikator di atas maka bisa dikatakan bahwa kemampuan berbicara bukanlah satu-satunya faktor penjamin keberhasilan sebuah presentasi. Berikut 5 tips untuk mengoptimalkan presentasi sebagai sebuah peluang sukses:

1. Persiapkan diri untuk setiap presentasi

Jangan pernah meremehkan sebuah presentasi meskipun sederhana. Selalu persiapkan diri dengan materi dan data pendukung agar benar-benar menguasai materi yang dipresentasikan.

2. Mengetahui audiens

Penting untuk memahami siapa yang akan menjadi audiens, agar materi yang disampaikan benar-benar didengar oleh mereka. Gunakan bahasa yang sama dengan mereka agar Anda memiliki persepsi yang sama

3. Paparkan dengan penuh Percaya Diri dan Meyakinkan

Tidak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan penuh percaya diri layaknya seorang profesional. Untuk itu harus sering latihan, kalau perlu ambil pelatihan khusus. Semakin sering melakukan latihan maka semakin natural dalam membawakan presentasi.

4. Gunakan Alat Bantu atau Alat Peraga dengan Baik.

Menggunakan alat bantu seperti slide atau power point, berguna untuk membantu Anda tetap fokus. Tak semua materi harus Anda tuliskan, Berikan benang merah atau poin-poin penting saja. Jangan sampai saat Anda membawakan presentasi, seolah-olah hanya membaca slide atau hafalan, tanpa sekalipun melakukan eye contact dengan audiens. Tambahkan gambar-gambar menarik yang berkaitan dengan tema. Ada kalanya alat bantu bisa tidak berfungsi dengan baik, hadapilah dengan tenang dan nikmati berbicara tanpanya.

5. Jujur dan Tetap Tenang

Tidak semua pertanyaan audiens bisa dijawab. Jika ada pertanyaan yang sulit dan Anda tidak mengetahui jawabannya maka katakan bahwa Anda tidak tahu tapi akan mencari tahu. Jangan pernah mengarang jawaban.


Sudah memiliki kemampuan presentasi yang baik? Kini saatnya untuk mencari pekerjaan terbaik di Job.id

Daftarkan email anda untuk info pekerjaan terbaru